Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata, Inilah Jenis-jenis Refrigerant / Freon

Setelah Anda tahu apa itu Freon / Refrigerant, kini acwirosari.com akan mengulas jenis-jenis Refrigerant yang dipakai saat ini.

Untuk lebih mudah dimengerti kita bahas dulu berdasarkan apa  unsur yang ada dalam Refrigerant ya, untuk tipe atau penomoran Refrigerant atau Freon kita bahas part berikutnya.

Seperti kita ketahui Refrigerant merupakan senyawa kimia yang terdiri dari beberapa unsur. Nah, berdasarkan unsur yang ada dalam Refrigerant, inilah penjelasannya..

1. CFC
CFC ini singkatan dari senyawa didalamnya yaitu klorin, fluorin, dan karbon. Jenis ini banyak dipakai di era dulu. Untuk saat ini jenis ini tidak dipakai lagi, karena dapat merusak ozon ketika terurai diudara. Hal inilah yang memunculkan regulasi internasional bahwa penggunaan CFC saat ini dilarang digunakan untuk mesin pendingin.
Beberapa Refrigerant yang masuk golongan ini antara lain R11, R12, R13, R113, dan R115.

2.HCFC
HCFC merupakan singkatan dari Hydrogen, Chlorin, Fluorin, dan Carbon. HCFC dibuat untuk menggantikan CFC, pendahulunya. HCFC diklaim lebih baik dibanding CFC dilihat dari tingkat perusakan ozonnya. Meski diklaim lebih baik, ternyata banyak negara-negara maju yang menghentikan penggunaannya dikarenakan tetap berdampak buruk terhadap lingkungan. Haduuh...dilarang lagi, hehehhe...
Beberapa termasuk kategori HCFC ini antara lain R22, R123, dan R142.

3. HFC
HFC ini terdiri dari Hidrogen, Fluorin, dan Karbon. Jenis ini dianggap lebih aman terhadap lingkungan, karena tingkat perusakan ozonnya rendah, sehingga aman digunakan untuk mesin pendingin, seperti Kulkas dll. Namun, yang namanya negara maju,  gak akan berhenti inovasinya . Jepang misalnya, Jepang sendiri mengurangi jenis HFC ini, ya karena ada yang lebih baik lagi pastinya.
Beberapa termasuk dalam HFC antara lain R32, R143 dan R152.

4. HC
HC terdiri dari Hidrogen dan Karbon. Senyawa ini banyak ditemukan di dalamm minyak bumi. Untuk itu, HC ini lebih banyak dipakai, karena secara umun lebih aman daripada jenis CFC, HCFC, ataupun HFC. Contoh dari jenis ini antara lain R290, R600, R600a.

5.HFO
HFO singkatan dari Hydrofluoro-Olefins. Ini adalah generasi ke 4 dari Refrigerant. HFO terbukti tidak merusak ozon dan meningkatkan pemasan global. Termasuk dalam jenis HFO yaitu R1234yf.

Berikut ini pengelompokannya dalam bentuk gambar.


Keterangan : 

ODP adalah tingkat perusakan ozonnya, semaikin rendah nilainya semakin baik kualitasnya.

GWP adalah tingkat pemanasan globalnya, semakin tinggi nilainya maka semakin buruk kualitasnya.

Demikian penjelasan singkat beberapa jenis Freon atau Refrigeran dilihat dari kandungannya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Untuk pembahasan penomoran refrigerant kita bahas di artikel selanjutnya, Terima kasih, Salam dari acwirosari.com supported by Eka Karya Teknik.

 

Posting Komentar untuk "Ternyata, Inilah Jenis-jenis Refrigerant / Freon"