Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Freon?

Apa sih Freon itu? Mungkin ditelinga kita pernah mendengar kata " Freon ".

Yups, Freon saat ini dikenal sebagai bahan pendingin untuk AC atau kulkas. Padahal "Freon" merupakan merk dagang yang terdaftar oleh  E.l Du Pont de Nemours & Company, sebuah perusahaan dari Amerika.

Jadi "Freon" sebenarnya adalah sebuah merk dagang untuk bahan pendingin yang disebut "Refrigerant". Namun tampaknya lidah kita agak susah ya menyebut "Refrigerant", jadi sampai saat ini orang-orang lebih mudah menyebutnya "Freon".

Tidak jauh beda dengan pompa air atau "Sanyo". Orang2 menyebut pompa air dengan "Sanyo", padahal "Sanyo" itu sebuah merk untuk pompa air itu sendiri, tapi orang-orang lebih familiar menyebut pompa air dengan sebutan "Sanyo". Yah itulah salah satu keunikan di negeri tercinta ini.

Kembali apa itu Freon?, Freon atau Refrigerant merupakan bahan senyawa kimia yang berbentuk cair atau gas, yang digunakan sebagai bahan pendingin untuk AC, Kulkas, atau alat pendingin lainnya.

Freon berbentuk cair atau gas, karena sifatnya bisa berubah dari gas ke cair atau sebaliknya dari cair ke gas.

Dalam sistem pendingin seperti AC atau Kulkas, Freon ini mulanya berbentuk gas, kemudian dimampatkan oleh Kompresor sehingga Suhu gas ini naik, atau menjadi panas, nah proses panas ini terjadi di pipa kondensor, (Outdoor kalau di AC).


Didalam Kondensor, gas ini terjadi Kondensasi, yaitu perubahan wujud dari gas menjadi cair, yang kemudian cairan freon ini mengalir menuju Evaporator, (Indoor kalau di AC).

Nah, didalam Evaporator, Freon yang cair tadi akan mengalami proses Evaporasi, yaitu perubahan  dari cair ke gas.

Evaporasi ini terjadi karena perbedaan suhu di ruangan sekitar Evaporator. Yang artinya Evaporator menyerap panas dari suhu disekitarnya, yang menyebabkan Freon cair ini berubah kembali ke wujud gas, yang kemudian kembali lagi ke Kompresor untuk dimampatkan kembali, begitu seterusnya.

Begitulah Siklus Freon atau Refrigerant di Sistem Pendingin.

Saya kira dari penjelasan diatas, kita jadi lebih paham ya mengenai "Apa Itu Freon?"....

Dilain kesempatan, acwirosari.com akan membahas tentang Jenis-jenis Freon atau Refrigerant yang saat ini dipakai sebagai bahan pendingin. So, ditunggu ya... hehehe..

Posting Komentar untuk "Apa itu Freon?"